Pada akhirnya, keikhlasan jugalah yang menentukan

Setiap kita menempuh takdir masing-masing. Mencari, menggali, mengasah, dan menggunakan keunikan pribadi kita. Ada yang berhasil melakukannya dengan gemilang, namun tak sedikit yang bahkan tak menyadari keunikan pribadinya. Namun pada akhirnya, keikhlasan jugalah yang menentukan. Kontribusi besar seseorang boleh jadi membuat yang lainnya berdecak kagum. Namun pada akhirnya, kita semua akan kembali pada Allah swt. Pada hari itu, tak ada lagi sekat; tak ada lagi penghalang; juga tak ada lagi penolong. Allah Rabb yang mengetahui segala isi hati, tahu betul segala isyarat hati. Semoga pada waktu itu, segala yang kita lakukan bercahaya putih bersih; refleksi keikhlasan yang murni. Jika keikhlasan tidak ada, hanya penyesalan tak bertepi yang tersisa.

Entah kapan jantung ini kan terus berdetak. Sudahkah keikhlasan itu hadir? Sungguh kita tak sanggup menjadi yang hina di akhirat nanti.

Allah swt Rabb yang Maha Penyayang; yang Maha Adil. Ia Maha Lembut lagi Maha Penyantun. Semoga Ia senantiasa menguatkan kita untuk bisa ikhlas di jalan-Nya. Allohummarzuqnal hussnul khatimah,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s