Morning thought

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah swt yang senantiasa memberi petunjuk dan cahaya; cahaya bagi hati dan pikiran sehingga kita bisa memaknai sesuatu melebihi apa yang tampak oleh mata. Below are some thought atau lebih tepatnya lintasan pikiran which arise.

  • On the essence of our presence in this earth. Kita, manusia, adalah wakil Allah di muka bumi. In this sense, kita berkewajiban mengelola dan memakmurkan bumi. In another dimension, sebagai wakil-Nya, kita harus senantiasa tunduk, patuh, dan berserah diri kepada-Nya; karena memang, kita hanyalah wakil, yang sejatinya tidak memiliki apa-apa. Sangat celakalah orang yang lupa diri, yaitu orang yang berbuat kerusakan di muka bumi, seperti tidak menegakkan keadilan, corrupt, merusak lingkungan, dll; serta celaka jugalah orang yang menyombongkan diri atau ingkar pada Allah. Mereka boleh jadi a ‘good’ person, namun sikap tidak mempercayai Allah dan mengingkarinya merupakan penyimpangan atas peran seorang wakil. Mati kita menjadi seorang wakil (khalifah) sejati: orang yang memakmurkan bumi, namun juga taat pada Allah.
  • On social life. Jadilah orang yang mudah diterima; mudah beradaptasi; dan lovable. Ini adalah syarat bagi seorang da’i; but remember, selalu-lah berpegang pada petunjuk Allah dan sunnah Rasulullah karena dengannya kita akan tahu the red line. Hilangkanlah pre-judice. Jadilah the light of hidayah; just think, how Rasulullah saw would react and behave on something that we;re dealing with.
  • On worldly affairs. Jangan terjebak oleh rutinitas dunia yang semu. Jika kita mengejar dunia maka ia akan lari hingga kita akan terus-menerus mengejarnya. Kejarlah akhirat, kita akan mendapatkannya beserta dunia. Jadikanlah orientasi dan kalkulasi hidup kita berdasarkan pertimbangan akhirat. Dunia hanyalah sarana untuk menuju Allah. Jika apa yang kita lakukan saat ini tidak berguna untuk akhirat kita, maka tinggalkanlah ia atau perbaikilah ia.

Wallahu’alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s