Pendidikan Tinggi

I posted the small piece of writing below in a website several days ago as a requirement for a scholarship application. I consider the content is a bit basic. Hope you find it beneficial. I’ll be more than happy to asnwer your question regarding studying and scholarship at university abroad. Thanks

Meraih Pendidikan Tinggi Berkualitas

Sudah ada konsensus bahwa kualitas sumber daya manusia merupakan suatu hal yang penting bagi daya saing (competitiveness) suatu bangsa. Bangsa yang kaya akan sumber daya alam, namun tidak memiliki sumber daya manusia yang handal akan tertinggal oleh bangsa yang memiliki sumber daya alam terbatas, namun memiliki sumber daya manusia yang baik. Singapura, Korea Selatan, dan Jepang merupakan beberapa Negara yang membuktikan bahwa sumber daya manusia yang handal akan meningkatkan kualitas standard hidup (living standard) suatu Negara.

Salah satu kunci meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut tentunya pendidikan. Pendidikan akan memberikan dasar bagi kita untuk mengembangkan ilmu, meningkatkan kualitas daya pikir analitik, dan mengembangkan keahlian lainnya. Bedasarkan laporan OECD, pada tahun 2012, penduduk Indonesia yang melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi setelah lulus SMA hanya sekitar 10%, cukup jauh dibawah Negara-negara maju yang mencapai rata-rata 30%.

Berbicara tentang pendidikan yang berkualitas, untuk pendidikan tinggi, universitas-universitas terbaik luar negeri pada saat ini masih merupakan pilihan yang tepat. Sangat banyak hal yang bisa didapatkan dari pendidikan di luar negeri.

Pelajaran yang didapat

Disamping medapatkan ilmu pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing, belajar di luar negeri juga memberi kita beberapa manfaat lainnya. Dua diantaranya adalah:

Pertama, kita bisa mengetahui sistem pendidikan atau sistem universitas yang baik. Kita akan bisa mengetahui betapa dosen-dosen pengajar di luar negeri pada umumnya merupakan orang-orang yang berkualitas, universitas dilengkapi dengan sarana belajar yang menunjang, serta banyaknya kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia, seperti organisasi mahasiswa, public lectures dan institusi-institusi riset.

Kedua, tata kelola pemerintahan. Di samping belajar, jika kita tinggal di Negara yang lebih maju, kita akan bisa melihat atau mengambil pelajaran dari sistem tata kelola pemerintahan yang diterapkan oleh Negara tersebut. Kita bisa melihat hal-hal yang patut dicontoh dan dikembangkan oleh Negara kita, seperti kualitas transportasi publik, pemukiman, pelayanan kesehatan, dan pelayanan publik lainnya.

Banyak Beasiswa

Keinginan untuk bisa melanjutkan pendidikan di universitas terbaik di luar negeri biasanya cukup besar bagi masyarakat Indonesia, namun seringkali terbentur oleh biaya yang cukup besar. Hal yang ingin saya tekankan adalah sangat banyak beasiswa yang tersedia di universitas-universitas luar negeri, terutama bagi program paska sarjana di universitas-universitas terbaik. Universitas-universitas tersebut sangat  berusaha untuk ‘menggaet’ akademisi-akademisi berbakat ke Negara mereka. Pada umumnya, ketika kita mendaftar di salah satu program studi mereka, kita sudah langsung terdaftar sebagai pendaftar beasiswa di program tersebut. Pada saat pengumuman kelulusan pendaftaran, mereka akan memberi tahu apakah kita diterima dengan beasiswa, diterima tanpa beasiswa, atau tidak diterima.

Bagi kita yang tidak mendapatkan beasiswa dari kampus tersebut, masih banyak beasiswa-beasiswa lainnya yang tersedia. Salah satunya adalah program beasiswa unggulan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia (http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/).  Program ini memberikan bantuan untuk biaya hidup selama kuliah. Program ini merupakan sesuatu yang sangat tepat untuk dimanfaatkan. Dengan ini, pemerintah berharap kualitas sumber daya manusia Indonesia akan dapat menjadi lebih baik dengan menempuh pendidikan di luar negeri.

Persiapan

Bagi program paska sarjana, hal penting yang harus dipersiapakan adalah study dan life plan serta kemampuan bahasa. Kita sudah harus bisa mengetahui target atau rencana hidup kita. Dengan demikian, kita bisa memilih universitas atau program yang tepat untuk membantu kita mencapai tujuan tersebut. Perbanyaklah membaca hal-hal yang berkaitan dengan bidang ketertarikan (field of interest) kita tersebut.

Bagi teman-teman yang masih kuliah di tingkat sarjana, perbanyaklah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, seperti organisasi-organisasi, community service, seminar-seminar, serta usahakan mendapatkan IPK yang baik. Hal-hal tersebut akan sangat membantu untuk bisa diterima di universitas terbaik di luar negeri.

Penutup

Indonesia merupakan Negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk memberi kontribusi signifikan bagi pengembangan pengetahuan dan mendorong terciptanya arsitektur global yang lebih baik. Insyaallah, dengan level pendidikan yang lebih baik, Indonesia akan mampu menjadi Negara yang lebih maju dan makmur. Good luck!

2 thoughts on “Pendidikan Tinggi

  1. Kak Rully, saya mau tanya.
    Saya S1 dari jurusan IPA, tertarik untuk melanjutkan ke S2 ekonomi, apa bisa?
    Jika bisa, lebih baik saya ambil S2 ekonomi tersebut di dalam negri atau di luar negri?
    Sejujurnya saya sangat ingin mengambil S2 ekonomi di luar negri, tetapi karena background saya yang IPA saya jadi ragu.
    Terima kasih untuk masukannya kak. Jazakallah khair.

    • Hi Afi, thanks for the question. Kalo Afi memang merasa senang dengan bidang ekonomi, isu-isu ekonomi, dan merasa dengan bidang itu bisa lebih bermanfaat bagi banyak orang, then just pursue it. I really suggest to study it abroad. Disamping kualitas nya umumnya lebih baik, we’ll get more than just knowledge. Sangat banyak orang2 dengan background IPA yang ambil S2 atau S3 di bidang ekonomi, they survive, and many of them excel. Hope you can find a good university. Email me at rully.prassetya@yahoo.com if you want to ask more. Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s