How to be Able to Speak in English

Judul di atas merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima. Sebenarnya saya juga tidak terlalu mengerti mengapa orang-orang bertanya seperti itu pada saya karena saya merasa kemampuan bahasa inggrisnya masih harus terus ditingkatkan. In this short writing, I’ll be mainly talking about two things. Pertama, background kemampuan bahwa inggris saya; dan kedua, upaya-upaya yang saya lakukan.

The first one is my background/experience. Just to set the context, sebagaimana yang saya sebutkan pada tulisan sebelumnya, saat saya masuk UI tahun 2007, kemampuan berbahasa inggris saya sangat lah rendah. Jangankan mengirim email, searching di google saja saya tidak bisa saat itu. Berhubung di FE UI mahasiswa diwajibkan untuk mengambil mata kuliah berbahasa inggris sekitar 6-7 mata kuliah, di semester kedua, ketika ada mata kuliah yang harus diambil dalam bahasa inggris, saya jujur, ingin menangis saat mengikuti kuliah tersebut. Mata kuliahnya bernama quantitative method in business. Mungkin ada sebagian orang yang sulit untuk berbicara dalam bahasa inggris, namun masih mengerti apa yang dikatakan lawan bicara, nah saya, bahkan apa yang dikatakan lawan bicara pun tidak menegerti.

Terkait dengan perlukah kita ikut di les bahasa inggris atau tidak, I would say, as long as we have passion to learn it, we don’t need to. Dulu saat di semester dua, saya sempat berpikir bahwa sebaiknya saya mengikuti les bahasa inggris. Sayapun mengecek beberapa tempat kursus bahasa inggris. Ternyata setelah saya survey, pada umumnya biaya kursus bahasa inggris adalah sekitar 800-900ribu per level. Satu level sekitar 2,5 bulan. Pada saat itu, budget bulanan saya hanya 800ribu (450ribu nya merupakan makan @15.000 x 30 hari). Saat itu saya menghitung-hitung, jika saya berpuasa nabi daud (sehari puasa sehari tidak), maka saya akan bisa menghemat 10ribu setiap dua hari, karena tidak ada sahur dan makan siang. Setelah saya hitung, bahkan jika saya puasa nabi daud selama 3 bulan berturut-turut pun, saya hanya bisa save money 450rb, sangat kurang jika dibandingkan dangan biaya les satu level bahasa inggris. Then what I did? here they are in the next paragraph.

Berikut adalah beberapa hal yang dulu, bahkan, sampai sekarang masih saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris saya.

  1. Perbanyak latihan listening dan speaking. Sering” dengar radio dalam bahasa inggris atau nonton berita dalam bahasa inggris. dari dulu, bahkan sampai sekarang, saya sering dengar radio australia atau nonton al jazeera di internet. Here is the link: http://www.radioaustralia.net.au/international/podcast/feed/asiapacific (Download mp3 nya) dan http://www.aljazeera.com/.
  2. Perbanyak baca buku dalam bahsa inggris (usahakan pakai buku teks berbahsa inggris). Jika ada kosa kata yang tidak diketahui, lihat di kamus, lalu catat dan hapalkan (saya sarankan menggukan kamus oxford).
  3. Untuk membantu kelenturan mulut. baca text bahasa inggris keras2 beberapa menit tiap hari.
  4. Kalau ada kelas yang dibuka dalam bahasa inggris, sebaiknya ambil kelas itu saja.
  5. Latih percakapan dengan teman yang juga aspired to learn English.

Last but the most important thing, perbanyak do’a pada Allah supaya dimudahkan bisa berbahasa asing. Insyaallah bisa. I believe to learn any language we don’t need to enroll in any special course. As long as we have passion and commitment to learn it. We will be able to. Yakinlah, sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mampu berbahasa asing. Good luck, semoga bermanfaat.

7 thoughts on “How to be Able to Speak in English

  1. Assalamu’alaikum.
    Postingannya bagus kak🙂
    Saya mau tanya beberapa hal dan tpis/trik kakak dlm belajar bahasa Inggris :
    – Gimana cara memperkaya vocab, terutama kata-kata yang nggak awam dipakai sehari-hari? Terus kakak punya trik nggak gimana caranya supaya vocab itu bisa terus bertambah tanpa lupa sama vocab yang baru diinggat sebelumnya?

    – Saat kakak bikin tulisan berbahasa Inggris, apa kakak jadiin grammar sbg poin penting & baku atau cuma coba menuliskan apa yang kakak pikirin tanpa diribetin grammar?

    Gitu aja kak, makasih sebelumnya.

    • Waalaikumsalam wr,,
      Thanks Syelvi. Terkait dengan memperkaya vocab, biasanya kakak perbanyak baca artikel dalam bahasa inggris, jika ada kata yang tidak diketahui artinya, kakak catat di buku kecil khusus vocab lalu ditulis artinya. Sering2 aja hapal dan pakai vocab nya dalam berbicara atau tulisan, insyaallah cepat ingat. Kalaupun jarang dipakai, minimal next time, saat kita ketemu vocab itu lagi, kita kira2 sdh tahu artinya karena sudah pernah nyari di kamus dahulunya. Terkait grammar, jika tulisannya merupakan academic writing, then yes, I’ll pay more attention to the grammar. Kalo sifatnya informal, misalnya di blog ini, kakak nggak terlalu memperhatikan grammar. I just wrote what came to my mind. Hope that’s help. Semoga dimudahkan Allah.

  2. Assalamualaikum wr.wb.

    Artikelnya menarik Kak, saya sedang mencari tahu bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan akhirnya menemukan postingan ini. Semoga tips n trik dari kakak bisa berhasil dan bermanfaat. Terimakasih!

  3. Nambahin sedikit, buat temen2 yang mau belajar bahasa inggris sekaligus belajar lebih dalam tentang agama islam, bs download lecture2nya ustadz2 yg berbahasa inggris, contohnya

    ini kuliah 2mnt dr ust. nouman ali khan, dai di amerika yg punya murid sekitar 15,000 from all over US. Very remarkable eventho 2 mins. Sebenernya pengen nyantumin yang lbh panjang, tp kasian blognya nnti kepenuhan n loadingnya jd lama.

    Recommended: ‘my favourite dua in the qur’an’ by ust. nouman ali khan *pls search this in youtube, it’ll make u recite this dua in every blessed hours*

    buat yg merasa yg di atas terlalu cepet utk dicerna, mungkin bs coba yg simple2 dlu salah satunya yg dari ‘baba ali’ terutama yang buat anak-anak. Sgt sederhana tp sarat pendidikan sunnah Nabi.

    Buat aspek reading, bs coba2 baca artikel2 bagus di productivemuslim.com, byk skali manfaat yg bs diambil disamping melatih reading skills qt di web tsb

    Mudh2n belajar bhs inggrisnya tambah berkah guys😉

    increase ur english skills n increase ur understanding of this beautiful deen also

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s