Gue Nggak Bakat Ngapal Qur’an (?)

Bismillah,,

“Wa Laqod Yassarnal Qur’ana Lidzzikri…”, “dan sungguh telah kami mudahkan Al-qur’an untuk dingat”

Mungkin banyak diantara teman-teman yang merasa mengahapal Al-Qur’an itu begitu sulit. Ketika udah hapal ayat 1-5, mau ngapal ayat ke enam, eh ternyata yang 1-5 sampe lima lupa lagi, ulang lagi ngapal 1 ampe 5, eh yang ayat ke enam lupa lagi. Saya pun juga mengalami hal yang serupa. Berikut tips-tips saya kepada teman-teman semua

Pertama, usahakan memakai qur’an yang sama. Jangan mengganti-ganti al-qur’an terlalu sering. Otak cenderung merekam posisi dari sebuah ayat al-qur’an yang kita baca, jika kita sering gonta ganti Al-Qur’an, tentu akan memberatkan kerja otak kita.

kedua, saya pernah membaca, bahwa apabila kita mengulang membaca ayat al-qur’an sebanyak tujuh kali untuk menghapalnya, insyaallah akan membuat kita langsung ingat, mungkin bisa kita coba.

Ketiga, pahamilah, bahwa salah satu hikmah Allah membuat kiat mengulang-ulang hapalan kita adalah untuk memperbanyak amal ibadah kita, bisa kita bayangkan apabila alalm satu kali menghapal Al-qur’an kia langsung ingat, tentu peluang kita untuk mengulang-ulang membacanya akan semakin sedikit, padahal satu huruf al-qur’an jika dibaca insyaallah akan bernilai sepuluh pahala.

Keempat, perbanyalah berinteraksi dengan Al-qur’an. Jika kita ingin dekat dengan seseorang, tentu kita harus sering bertemu atau berkomunikasi dengannya, begitu juga jika kita ingin dekat dengan al-qur’an.kita harus sering-sering membacanya dan menjadikannya sahabat kita, sehingga insyaallah kita akan semakin mudah membacanya.

Last but not the least, dalam menghapal Al-Qur’an sangat dibutuhkan keistiqomahan kita. Kecerdasan merupakan hal yang kesekian, tapi keistiqomahan merupakan hal yang utama.

 

Oke teman-teman semua, jangan pernah lagi mengatakan bahwa kita nggak bakat ngapal qur’an, inagtlah janji Allah, bahwa sungguh al-qur’an itu telah dimudahkan allah untuk dihapal, ok! Wassalam, wallahu’alam bisshawab,,

2 thoughts on “Gue Nggak Bakat Ngapal Qur’an (?)

  1. Oh, gitu. terimakasih tipsnya bang. Sekalian bikin postingan kiat2 jadi mapres dong. Ane yakin kiat2nya bisa berguna. Dan cara meng-upgrade diri agar menjadi kader dakwah yang baik. Syukron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s