Kekuatan Fokus

“ketika anda pergi ke warnet untuk mendownload sesuatu. Lalu ketika membuka window-nya, anda membuka beberapa tab. Ada yang email, google, detik.com, eramuslim.com, kompas.com, situs beasiswa, blog pribadi,  lalu kemudian baru situs yang anda ingin buka sejak awal. Ketika Anda membaca halaman demi halaman setiap situs di tab tersebut, tak terasa setelah satu jam ngenet, tujuan utama anda untuk datang ke warnet tersebuat belum tercapai sama sekali”

“Pada suatu hari, seorang guru mengajak tiga orang muridnya (A,B, dan C) pergi memanah ke sebuah hutan. Setelah sampai ke tengah hutan yang lebat, sang guru melihat seekor burung cantik bertengger di atas sebuah dahan. Guru itu pun meminta muridnya satu persatu memanah burung tersebut. Ketika murid A mengangakat busur panahnya, sang guru bertanya, “anak ku, apakah yang kau lihat?” “Aku melihat seekor burung cantik wahai guru”, jawab murid A. “turunkan busur panahmu”, kata sang guru. Lalu dengan keheranan murid A tersebut menurunkan busur panahnya dan kembali ke arah teman-temannya. Kemudian murid B mengangkat busur panahnya. “Apa yang enkau lihat anakku?”, tanya sang guru lagi. “Aku melihat seekor burung goreng yang lezat, wahai guru” “turunkan busur panahmu”, perintah sang guru lagi. Kemudian sampailah giliran murid C. Ketika ia mengangkat busur panahnya, sang guru kembali bertanya “Anakku, apakah yang engkau lihat?” “Aku melihat leher burung tersebut tembus oleh anak panahku wahai guru”, jawab murid C. “Lepaskan anak panah mu”, perintah sang guru. Lalu murid tersebut melepaskan anak panahnya, dan ternyata memang anak panahnya tepat mengenai leher burung tersebut.

Teman-teman semua, hikmah yang bisa kita ambil dari dua ilustrasi di atas adalah bahwa dalam hidup ini, kita harus fokus dalam melakukan segala sesuatu. Ketika kita fokus, kita mengarahkan segala potensi dan energi yang kita miliki pada suatu hal, sehingga hasil yang akan kita dapatkan pun menjadi maksimal. Kita tidak akan menjadi kecewa atas apapun hasil yang kita dapatkan karena kita telah mengerahkan semua kemampuan yang kita miliki.

Hal ini sesuai dengan firman Allah, “Faa idzaa faragta fanshab” (QS Al-Insyirah) yang artinya, maka apabila kamu selesai dari suatu urusan, maka kerjakanlah urusan yang lain. Ayat ini mengindikasikan kepada kita bahwa kita harus fokus dalam melakukan suatu hal, apabila hal yang pertama telah selesai, maka kita bisa melaksanakan hal selanjutnya.

Terakhir, mari kita selalu berupaya fokus dalam melakukan segala sesuatu dan melakukan yang terbaik yang kita bisa. Wallahu’alam bisshawab.

2 thoughts on “Kekuatan Fokus

    • Waalaikumsalam wr,, ya, semoga bermanfaat, maaf kalo banyak typo atau kurang bagus y, udah setahun lebih di tulis,, sykrn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s